Posted by : Unknown Senin, 21 Maret 2016



Apa yang dimaksud dengan WebMail?
Webmail adalah suatu aplikasi khusus yang disediakan penyedia layanan email untuk mengakses email melalui sebuah browser, seperti contohnya Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera, Google Chrome, dan lainnya. Siapa saja Penyedia layanan WebMail?
Hampir seluruh penyedia layanan email gratis seperti Google Mail (Gmail), Yahoo Mail sudah menggunakan layanan email berbasis WebMail, untuk kemudahan peggunanya mengakses email.
 
Mengapa aplikasi ini sangat disarankan?
karena dengan menggunakan aplikasi ini, email anda akan dapat diakses dari mana saja. Berbeda jika kita menggunakan aplikasi seperti Outlook Express, Mozilla’s Thunderbird dimana email tersebut hanya dapat diakses dari komputer tertentu. Salah satu kerugian mengakases email lewat webmail adalah harus terhubung dengan koneksi internet jika ingin mengecek atau membaca email di akun pengguna.

Apa fasilitas Webmail yang tersedia?
Fasilitas yang tersedia jika mengakses email melalui webmail antara lain adalah:
1. Mengirim email
2. Membaca email
3. Membalas email
4. Meneruskan email
5. Menyimpan email
6. Dapat menghapus email
7. Mengembalikan email yang telah terhapus ke tempat semula
8. Dapat menggunakan lampiran dokumen
9. Dapat mencetak email.
Seiring semakin canggihnya kemajuan teknologi, membuat penyedia layanan email membuat webmail versi mobile. Webmail versi mobile bisa diakses melalui perangkat seluler yang terkoneksi internet, baik melalui browser bawaan setiap perangkat, maupun dengan aplikasi tambahan semisal Opera Mini.
Hal – Hal yang harus diperhatikan saat mengakses email melalui webmail adalah biasakan selalu logout jika kita mengakses melalui komputer publik semisal warnet.
Email client, email reader, atau lebih formal  Mail User Agent (MUA), adalah program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna. Istilah ini dapat mengacu pada sistem yang mampu mengakses kotak surat email pengguna, terlepas dari itu menjadi mail user agent, server menyampaikan, sebuah aplikasi web yang menyediakan manajemen pesan, komposisi, dan fungsi penerimaan ini kadang-kadang juga dianggap sebagai email client, tetapi lebih sering disebut sebagai webmail.
Pengertian Email client adalah software yang digunakan untuk organisasi email, baik untuk akun email berbayar maupun yang gratis. Syaratnya, harus ada akun POP3-nya. Email Client biasa disebut juga sebagai Oulook Express.

Email client ini sangat sering digunakan sebab ia sudah tersedia langsung dalam Windows. Konfigurasi dan penggunaannya pun cukup mudah, cukup lewat control panel atau Internet Explorer. Bisa dibilang Outlook Express ini adalah format standar e-mail client. File extension-nya adalah EML. Dilengkapi dengan menu export dan import membuatnya mudah untuk dipindahkan ke email client lainnya.
Namun, jika digunakan untuk urusan bisnis, Outlook Express ini dirasa kurang sekali. Ia tidak terintegrasi dengan software-software lain seperti messenger contohnya Skype, pdf reader and creator seperti Nitro PDF maupun antivirus seperti AVG Error handlingnya-pun kadang msih suka naik turun, utamanya jika berurusan dengan delivery status message. Jika berpindah sistem operasi seperti Linux, harus di-convert dulu.
manfaatnya
Keunggulan menggunakan web mail adalah. kita bisa mengorganisir email yang kita miliki dengan leluasa dibanding dengan software email client. selain itu di web mail. kita bisa menggunakan fitur – fitur yang mungkin tidak bisa didukung di email client karena tidak semua fitur yang dimiliki oleh provider email didukung langung oleh email client. semisal chat yang ada pada gmail atau yahoo. Sedangkan keunggulan menggunakan software email client adalah. kita bisa mendapatkan update inbox terbaru tanpa kita harus mengceknya secara manual. semisa microsoft outlook yang akan memberitahukan email baru lewat jendela login windows xp. dan kita juga bisa mengorganisir email secara offline.
  
Macam Webmail 
a.   Yahoomail
  Yahoomail
contoh webmail 

 Keunggulan Yahoo mail
1. YahooMesenger "YM"
siapa yang tidak kenal YM fitur untuk berchatting ria ini mempunyai aplikasi sendiri, anda dapat mendownload aplikasinya di yahoo. Add YM hapehatelo ya di hapehatelo@yahoo.com
2. Tempat penyimpanan yang lumayan besar
hampir sama dengan gmail yahoomail juga mempunyai tempat penyimpanan yang besar
3. User Interface yang menarik
yahonmail mempunyai user interface yang lebih menarik dibanding gmail, tak hanya menarik tetapi juga mudah digunakan, meskipun oleh pemula.
 
Kekurangan  

  1. Active friend = jumlah orang yang sudah menjadi teman kita, bukan jumlah teman kita yang sedang online, begitu juga tentang jumlah user pada tempat dimana kita check in, tidak menunjukkan orang yang online pada area tersebut, malainkan jumlah orang yang pernah berkunjung (check in) pada lokasi tersebut.
 Tidak ada chat Alangkah menyenangkan andai kita bisa tau orang yang ada di sekitaran kita, lalu bisa berbincang dengannya juga lewat chat, meski mungkin ini kurang perlu (soalnya sudah ketemu kok pake chat hehehehe :mrgreen: ) tapi paling tidak khan lebih menyenangkan. Karena saya rasa fitur chat ini jugalah yang membuat Facebook lebik unggul dibanding Twitter. Tapi kalau melihat jumlah posting kita saja jumlah karakternya saja dibatasi seperti twitter ya tidak heran, berarti khan koprol lebih suka menjadi ‘adik’ twitter. 
 
2.Gmail 
contoh webmail
3.Hotmail
contoh webmail
4.gmx max
contoh webmail 
5.OVImail

contoh webmail
6.RoyalMail
contoh webmail

sumber;http://vexillum-nsr.blogspot.co.id/2012/02/web-mail.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Mega Wulandari blog's - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -